Sedang merencanakan liburan dengan
keluarga atau sahabat? Atau ingin mencoba lokasi wisata baru yang lebih
menantang? Yup, berwisata memang menjadi salah satu alternatif terbaik
untuk mengisi waktu luang utamanya kala liburan tiba.
Selain sebagai sarana pelarian dari
rutinitas yang melelahkan, ternyata dengan meluangkan waktu untuk
berlibur bisa meningkatkan produktitas seseorang ketika akan kembali
beraktifitas. Tak heran jika kini jasa pariwisata kian hari terus tumbuh
dan makin variatif mengikuti selara dan kebutuhan para pelanggannya.
Ini juga yang mendorong semakin banyak pelaku usaha yang ingin terjun ke
bisnis yang satu ini. Mulai jasa travel, penginapan hingga kuliner khas
menjadi peluang usaha yang kian potensial.
Berbekal fakta tersebut, sebuah startup
di bidang travel online bernama Traveloista lahir dan ingin mengambil
pasar peluang bisnis travel yang cukup unik. Tidak seperti layanan
bisnis travel online pada umumnya, misi yang diemban oleh Traveloista
adalah menjadi wadah komunitas bertemunya para wisatawan dan agen travel
atau penyedia jasa wisata. Dengan begitu diharapkan, setiap wisatawan
yang ingin berlibur bisa mendapatkan referensi terbaik sebelum mengambil
keputusan.
Menganut Konsep Social Travel Commerce
Seperti yang telah disingung sebelumnya,
Traveloista hadir dalam persaingan bisnis travel online dengan konsep
unik yang mungkin belum terlalu banyak pesaing. Berbeda dengan banyak
layanan lain seperti situs pesan online atau situs perbandingan tarif,
Traveloista lebih ingin menjadi jembatan komunitas antara penyedia jasa
wisata yakni Agen Travel dengan para konsumennya yakni para wisatawan.
Mengusung konsep Social Travel Commerce,
Traveloista menjadi salah satu wadah online dimana para agen travel
bisa bergabung dan menawarkan layanan meliputi paket, harga, akomodasi
serta lain sebagainya secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Di
lain pihak, Traveloista akan menarik para calon konsumen masuk dalam
komunitas yang sama, tidak hanya untuk mencari paket wisata yang mungkin
sedang dicari namun lebih dalam diharapkan bisa saling bertukar
informasi dan membentuk jaringan online yang solid.
Terkait konten yang disajikan via
Traveloista, semua bersifat CrowdSourcing baik dari agen wisata maupun
wisatawan. Artinya adalah semua konten yang masuk merupakan konten dari
agen wisata yakni layanan yang ditawarkan, serta dari para wisatawan
masuk sebagai pengunjung web.
Layanan yang Ditawarkan Traveloista.com
Lalu layanan apa sajakah yang disediakan oleh website Traveloista.com? berikut beberapa layanan khas Traveloista.
- Tour & Rental Promotion
Dengan layanan ini para pemilik agen
travel bisa memposting beragam paket tour atau wisata yang mereka
tawarkan. Tidak hanya layanan paket wisata, bagi pebisnis yang hanya
menyediakan layanan rental atau penyewaan juga bisa memasukkan
layanannya pada website Traveloista, dan semuanya gratis tanpa dipungut
biaya. Nantinya semua penawaran yang diposting haruslah sudah dilengkapi
dengan keterangan detil termasuk harga, cakupan layanan, jadwal,
ketentuan khusus serta informasi lain yang penting diketahui oleh calon
wisatawan.
Yang menarik dari layanan ini adalah
tiap agen travel bisa mendapatkan sebuah halaman khusus dengan adanya
fitur MyWeb dan TraveloStore. Di dalamnya, para agen travel bisa
memantau dengan jelas berapa banyak visitor yang mengunjungi halaman
mereka serta analisa terkait agen travel pesaing yang menawarkan layanan
yang sama.
- Travelocommunity
Layanan yang kedua adalah
Travelocommunity. Dengan adanya layanan ini baik agen travel maupun
wisatawan yang sudah masuk ke jaringan Traveloista bisa membagikan
status, komentar hingga moment yang ditangkap selama berwisata.
Dengan adanya fitur TraveloPoint,
pengguna bisa memberikan pengalaman serta rekomendasi lewat foto yang
diunggahnya. Keuntungan dari layanan ini sangatlah besar, selain untuk
memperkenalkan obyek wisata tujuan, bagi para agen travel bisa turun
membangun koneksi lebih besar lain dengan banyak calon wisatawan yang
mungkin belum bergabung.
Traveloagent
Traveloagent adalah layanan dimana
nantinya Travel Agent bisa membuka kemitraan dengan pihak lain untuk
menjadi agen, meski berada di tempat berbeda. Konsep ini diharapkan bisa
memperluas jangkauan pemilik bisnis travel agar lebih dikenal lebih
luas lagi. Sebagai contoh, nantinya seseorang yang berada di luar negeri
sekalipun bisa mendaftar menjadi agen pribadi dari sebuah perusahaan
agen travel. Hasilnya? Tentu wisatawan luar negeripun bisa lebih
mengenal obyek wisata dan potensi wisata di Indonesia.
Meski saat ini masih bermain di pasar
Indonesia, ke depan Traveloista sudah bersiap untuk masuk ke ranah
internasional. Untuk para pemilik bisnis travel dan wisata, tidak ada
salahnya mengunjungi website Traveloista untuk mendapatkan layanan
platform bisnis travel.
sumber : https://www.maxmanroe.com/traveloista-com-platform-online-jembatan-wisatawan-dan-agen-travel.html
0 komentar:
Posting Komentar